Blog ini berisi tentang rupa-rupa tentang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan berbagai informasi, makalah, serta tulisan tentang pengembangan pendidikan alternatif untuk anak usia dini. Terima kasih atas kunjungan di Blog ini semoga ada manfaatnya, bagi pembaca yang budiman.
B. Bermain Terpimpin
Dalam kegiatan bermain terpimpin anak tidak bebas, melainkan terikat pada peraturan permainan atau kegiatan tertentu. Biasanya permainan dan alat permainan diciptakan ileh guru sendiri. Oleh karena itu gru TK / PAUD harus kreatif mencipta (permainan dan alat) agar kegiatan pembelajaran tidak membosankan serta anak dan guru tidak mengalami kejenuhan.
Aktifitas permainan terpimpin yang dapat membentu guru mencipta
permainan, antar lain sebagai berikut :
1.    Permainan dalam lingkaran
2. Permainan dengan alat
3. Permainan tanpa alat
4. Permainan dengan angka
5. Permainan dengan nyanyian
6. Permainan bentuk lomba
7. Permainan mengasah panca indra


Dasar pemikiran yang melandasi permainan yang baik dan sehat bagi
perkembangan anak, yaitu berikut ini :

1.    Permainan yang dirancang dengan baik dapat menjadi sarana  pengembangan kemampuan anak
2.    Setiap anak mempunyai hak untuk mendapatkan pengalaman  yang sehat dan bersifat positif
3.    Anak-anak merupakan unsur terpenting dalam setiap permainan anak
4.    Anak memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi.
5.    Perilaku bermain dapat mempengaruhi pandangan anak mengenai dirinya sendiri, orang lain dan dunia sekelilingnya
6.    Aktivitas bermain perlu dievaluasi secara berkala untuk melihat dampaknya bagi perkembangan anak (baik positif maupun negatif)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar