Blog ini berisi tentang rupa-rupa tentang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan berbagai informasi, makalah, serta tulisan tentang pengembangan pendidikan alternatif untuk anak usia dini. Terima kasih atas kunjungan di Blog ini semoga ada manfaatnya, bagi pembaca yang budiman.

BERMAIN BAGI AUD

 Ø  Pada hakikatnya semua anak suka bermain.
 Ø  Bermain merupakan faktor penting dalam kegiatan pembelajaran, dimana esensi bermain harus menjadi jiwa dari setiap kegiatan pembelajaran anak usia dini.
 Ø   Melalui kegiatan bermain berbagai keterampilan akademik  Melalui kegiatan bermain berbagai keterampilan akademik seperti membaca, menulis dan berhitung dapat dikembangkan dengan optimal, sebagaimana diungkapkan Smilansky dalam penelitiannya menyatakan bahwa terdapat hubungan antara bermain terhadap kesuksesanakademik anak di masa mendatang (Dodge, et al.,2002:11).
 Ø  National Association for The Education of Young Children (NAEYC) dan Association for Childhood Education International (ACEI) menegaskan bahwa bermain memungkinkan anak mengeksplorasi dunianya, mengembangkan pemahaman sosial dan kultural,
 Ø  membantu anak-anak mengespresikan apa yang membantu anak-anak mengespresikan apa yang mereka rasakan dan mereka pikirkan, memberikan kesempatan bagi anak untuk menyelesaikan masalah, mengembangkan bahasa dan keterampilan serta konsep keaksaraan (Isenberg & Jalongo, 1993 dalam Musfiroh, 2004:15)
 Ø  Bermain diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan demi kesenangan dan tanpa mempertimbangkan hasil akhir. Kegiatan tersebut dilakukan secara suka rela, tanpa tersebut dilakukan secara suka rela, tanpa paksaan atau tekanan dan pihak luar (Hurlock, 1978).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar